Berada Satu Grup Dengan Tim Papan Atas, Aji Santoso : ” Persebaya Juga Papan Atas !”

0
106
Higo Felipe Vidal. Playmaker Asal Brazil Berdiskusi Dengan Aji Santoso Di Lapangan ABC Komplek Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Aji Memberi Pemahaman Cara Bermain Yang Di Inginkan Pelatih Asal Kepanjen Kabupaten Malang Itu. Higor Vidal Di Harapkan Akan Mampu Menjadi Metronome Tim Dalam Mengarungi Musim Kompetisi 2022/2023. (Foto Nials.id)

Surabaya, greenforce.co.id – Persebaya Surabaya menempati Grup-C dalam drawing yang dilakukan PSSI kemarin (29/5) di Jakarta. Venue Grup C di tempatkan di Bandung Jawa Barat. Bersama Bali United, Bhayangkara FC, dan tuan rumah Persib Bandung, Persebaya siap melakoni laga tersebut.

Latihan pasca libur kemarin, di lapangan ABC Komplek Gelora Bung Tomo, pemain bernomor 10 terlihat berlatih ringan di tepi lapangan. Higor Felipe Vidal yang menempati posisi playmaker ini terlihat antusias berlatih bersama rekan-rekannya yang berusia muda.

Latihan menepi ini adalah program Aji Santoso yang tak ingin Vidal mengalami cedera saat berlatih bersama rekan-rekannya. Sebab, perjalanan Vidal yang tiba Jumat (27/5) sebelumnya, pelatih asal Kepanjen ini mengatakan bahwa akan memberi kebebasan waktu istirahat bagi pemain-pemain asing yang tiba.

Sebelumnya pelatih terbaik musim lalu berbicara banyak dengan Vidal. “Saya sampaikan ke Vidal bagaimana cara bermain saya seperti apa, besok dia sudah siap untuk latihan” jelas Aji .

Persebaya bersiap mengikuti turnamen pra-musim yang belum memiliki title ini. Tim akan bertolak menuju Bandung pada tanggal 9 Juni dan akan berlaga pada tanggal 13.

“Saya tekankan ke pemain untuk siap di turnamen pra-musim, kita tahu lawannya tim bagus-bagus, justru ini menjadi tantangan dan gak boleh minder” tegas Aji.

“Mereka tim-tim papan atas, loh sama Persebaya juga papan atas, menurut saya justru ini keuntungan saya mencoba mental pemain, sebelum kompetisi, kalau sudah ketemu tim-tim bagus, mental mereka (Persebaya) bagus, saya pikir bagus sekali untuk persiapan kompetisi” tambah Aji antusias.

Untuk membangun kekuatan menjelang kompetisi, Persebaya akan menjalankan pemusatan latihan. TC akan digelar setelah turnamen pra-musim. “Yang jelas saya akan adakan pemusatan latihan, kalau sebelum turnamen sangat mepet, karena tanggal 9 kami sudah berangkat dan pemain asing belum lengkap” masih kata mantan Bek kiri Persebaya itu.

Dengan kekuatan yang mayoritas pemain muda. Persebaya berusaha maksimal untuk bisa menembus babak selanjutnya atau lolos fase grup. “Meski dengan pemain muda, kalau bisa lolos fase grup kenapa tidak, saya akan berusaha untuk minimal lolos fase grup” sambungnya.

Nasib pemain asal Biak Numfor Michael Rumere yang seleksi akan di komunikasikan dengan manager terkait kelanjutannya. “Nanti setelah turnamen, ya kita liat saja” kata Aji.

Persebaya gagal mendapatkan tanda tangan Jefferson Assis. Striker asal Brazil itu masih terikat kontrak bersama klub nya di Malta. Aji menambahkan bahwa segala urusan administrasi itu telah rampung sebenarnya.

“Jefferson ini sebenarnya kemarin sudah oke, agen-nya bilang juga oke, tinggal surat keluar dari klub nya dia tidak menyerahkan, saya target tanggal 29 dia gak kirim-kirim ya sudah kita tinggal” sambung pelatih terbaik ini.

Untuk striker yang baru pengganti Jefferson, Aji telah push untuk tanggal 2 atau 3 sudah berangkat ke Surabaya. Aji mengatakan clue penyerang anyar itu berkebangsaan sama dengan Leo Lelis, dan bermain di Liga Eropa. Aji enggan menyebut inisial dari striker yang menjadi perburuan tim berjuluk Bajul Ijo ini.

Penyerang buruan terbaru ini telah merampungkan kompetisi sejak akhir April lalu di Eropa. Kemungkinan adaptasi bersama tim tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Saya mendapatkan data bahwa dia (striker baru) bermain di 16 match dengan torehan 10 gol, usia nya 28 tahun” tambah Aji.

Ditanya soal kualitas Vidal dengan Bruno Moriera yang telah menyihir publik sepak bola Surabaya, Aji mengatakan bahwa posisi kedua pemain itu berbeda posisi. “Higor kan playmaker, kalau Bruno di pinggir, berbeda posisi mereka, ya kalau soal kualitas nanti di lihat sendiri” tegasnya.

Sho Yamamoto yang rencana tiba di Surabaya hari ini, mantan pelatih Persela Lamongan ini menjelaskan bahwa Yamamoto mengalami delay penerbangan di Istambul Turki.

“Saya sudah komunikasi dengan Sho, malam ini Sho akan tolak dari Istambul ke Jakarta” jelasnya.

Sebagaimana komunikasi pemain asing yang sedikit sulit di musim lalu untuk Bruno Moriera, Aji menegaskan bahwa seluruh pemain asing yang bermain musim ini memiliki kemampuan komunikasi berbahasa Inggris dengan baik.

(tr/yl)