Kesulitan Mengalahkan PS Sleman, Aji Santoso : “Saya Itu Pelatih Yang Tidak Pernah Percaya Statistik”

0
133
Aji Santoso Di Gelora Bandung Lautan Api

Cikarang, greenforce.co.id – Persebaya mengalami kesulitan saat berhadapan dengan PS Sleman. Dari 3 pertandingan resmi Persebaya kesulitan mengalahkan tim berjuluk Super Elang Jawa ini. Dalam lanjutan BRI Liga 1 2021, PS Sleman akan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Jawa Barat, hari Rabu, tanggal 29 September 2021 jam 20.45.

Persebaya di sebut beberapa pihak memiliki rekrutan pemain asing yang tidak maksimal, namul hal itu dibantah oleh Aji yang mengatakan bahwa performa beberapa pemain asing masih dalam adaptasi.

“Terutama Bruno belum menunjukan perfoma terbaiknya, tetapi di pertandingan terakhir kemarin Bruno tampil cukup baik menurut saya, karena memang hasilnya yang tidak bagus dan menjadi sorotan bahwa pemain asing kurang maksimal, tetapi secara permainan dari laga terakhir ada improve dari pertandingan pertama, kedua, dan seterusnya, dan saya yakin di pertandingan ke 5 Bruno akan lebih baik lagi” kata Aji.

Persebaya secara progress terlihat ada peningkatan perlahan. Dengan ketatnya jadwal pertandingan, Aji santoso tentu akan dihadapkan persoalan merotasi dan membakukan formasi unggulan di setiap laga. Hal ini tentu tidak mudah. pertandingan bergeser dari satu venue ke venue lainnya bisa mempengaruhi kebugaran tim.

“Saya kira recovery masih sangat cukup, waktunya masih memadai, setelah saya analisa dan evaluasi permainan terakhir Persebaya mulai menemukan bentuk permainan, dan saya juga menemukan komposisi yang pas untuk pertandingan ke depan, saya belum bisa menyampaikan apa perlu ada rotasi atau tidak melawan Sleman, tentunya dari hasil pertadingan kemarin kami kecewa, tapi dari segi permainan individu, unit, maupun tim  sudah ada progress, dan saya sangat yakin sekali pertandingan ke 5 ini akan semakin baik dan mendapatkan hasil yang baik” ujar Aji.

Dalam kondisi beban tersebut, Aji Santoso meyakini bahwa di sepak bola segala kemungkinan dapat terjadi. Bayang-bayang kesulitan mengalahkan tim asal Provinsi DIY ini di tegaskan Aji dengan sebuah pernyataan penuh motivasi.

“Saya itu pelatih yang tidak pernah percaya dengan statistic, tidak pernah percaya dengan sejarah, oke kalau memang catatannya selama ini kita belum menang, ya mudah-mudahan kita besok bisa menang, jadi saya tidak pernah percaya dengan sejarah pertemuan satu tim tidak pernah menang, terus pertemuan selanjutnya seperti apa bagi saya itu tidak ada” kata pelatih asal Kepanjen ini.

Persebaya telah siap menghadapi PS Sleman. Pemain telah termotivasi untuk bangkit dari kekalahan melawan Bhayangkara FC pekan lalu.

“Seluruh pemain sudah siap, kecuali Risky Ridho” tandasnya. Risky Ridho dalam pekan ke lima ini dipastikan tidak dapat memperkuat tim karena kartu merah yang di dapatnya saat kontra dengan Bhayangkara FC.

Kesiapan ini juga ditunjukan oleh Reva Adi yang menemani coach Aji dalam pre match confrenese di Cikarang hari ini. Reva Adi di datngkan Persebaya dalam persiapan liga 1 dari PSM Makassar untuk mengisi posisi bek kanan. Pemain asal Sulawesi ini mengaku tertantang jika berhadapan dengan rekan se-kampungya Irfan Jaya.

“Untuk Irfan saya respek sama dia, dia pemain yang bagus, dia juga pemain nasional, dan juga dia satu kampung dengan saya, jadi ada gengsi juga disitu nanti, dan saya akan mati-matian untuk menjaga dia untuk mempertahankan pertahanan Persebaya, saya percaya pada semua komponen di Persebaya untuk dapat meraih hasil positif” tandas mantan pemain PSM Makassar ini.

Dari 4 pertandingan Persebaya belum menemukan pola yang solid. Kombinasi antara pemain lokal dan asing juga belum padu, ditambah dengan skill individu pemain asing yang banyak dituding belum terlihat menonjol.

Aji santoso harus memeras tenaga memformulakan kedalaman tim yang kokoh. Aji mengakui bahwa PS Sleman memiliki pemain dengan kecepatan serta kedatangan striker baru asal Serbia, yang menurut Dejan Antonic pelatih PSS pemain tersebut memiliki banyak pengalaman di liga Serbia dan sempat membawa klub nya juara di liga Serbia.

“Ya saya tahu PSS memiliki fighting spirit yang bagus, memiliki kecepatan, ada Irfan Jaya tentu ini akan menambah kekuatan dari mereka, tapi seperti yang saya sampaikan tadi, kami dalam kondisi yang siap dan baik, untuk kesiapan melawan Sleman sudah kami siapkan di Bandung kemarin ” sambung Aji.

Persebaya dalam 2 pertandingan belakangan lini serang atau penyerang Persebaya belum menemukan permain terbaik mereka. Aji menanggapi hal itu bahwa sepak bola tidak bisa dilihat dari satu sisi saja.

“Sepak bola itu tidak bisa dilihat satu sisi saja, kenapa pemain depan tidak bisa menciptakan peluang, mungkin juga karena bola nya gak sampai ke depan, atau mungkin pemain gelandang supply bola nya kurang, jadi menurut saya tidak bisa dilihat satu sisi” kata CEO SSB Asifa ini.

Persebaya di pastikan akan all out menghadapi PSS. Segala persiapan telah dipersiapkan di Bandung dengan matang. Persebaya bergeser kembali ke Cikarang dan hari ini telah melakukan official training.

(tr)