Menang Tiga Kali Beruntun, Uston Nawawi : “Sepak Bola Itu Yang Penting Hasil Akhir”

0
136
PECAH TELUR. Song Ui-Yong akhirnya berhasil mencetak gol dari 9 pekan BRI Liga 1 digulir. Sepakan kaki kanan menyusur tiang jauh sebelah kiri gawang yang di jaga M. Reza Arya Pratama. [Foto Djoko Kristiono/EJ]

Surabaya, greenforce.co.id – Pekan ke-9 Piala Kejuaraan Liga 1 BRI, Persebaya masih dalam jalur kemenangan. Tim berjuluk greenforce ini berhasil mengamankan tiga poin dari tamu mereka PSM Makassar 1-0 (1-0), gol yang dicetak Song Ui-Young di menit ke-9 assist dari Bruno Moriera, bertahan hingga wasit Ryan Nanda Saputra meniup peluit panjang.

RAMBUT BARU. Sho Yamamoto tampil dengan potongan baru. Pemain asal Jepang ini bermain Spartan selama 90 menit. Dirinya sejak babak kedua ditarik lebih ke depan sebagai false nine. [Foto Djoko Kristiono/EJ]

Bermain di depan 5.078 bonek di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (18/8), permainan Persebaya terus berkembang. Starting eleven Persebaya ada perubahan di sektor striker. Uston Nawawi memasang penyerang Wildhan Ramdhani menggantikan Paulo Victor.

Hasil ini sangat di syukuri Uston Nawawi. Pelatih asal Klagen Wilayut ini sejak mendampingi tim pasca di hentikannya Aji Santoso, Uston membawa tiga kemenangan beruntun, antara lain menang saat away lawan Bekasi Bhayangkara FC, Persita Tangerang, dan kini PSM Makassar.

JAGA KETAT. Bruno Moriera di jaga ketat oleh Yuran Fernandes. [Foto Djoko Kristiono/EJ]

“Tentunya kami sangat bersyukur ya, karena kami tahu tim PSM yang bagus, juara bertahan. Terbukti dari tadi, teman-teman, rekan pemain bekerja sangat keras. Saya apresiasi kinerja pemain, baik pemain, staf pelatih, dan semuanya yang bekerja demi satu tim yaitu Persebaya” kata Uston lompat pres pasca pertandingan.

Pencetakan gol semata-mata wayang berpaspor Singapura ini juga mengaku senang. Dirinya bisa mencetak gol untuk kemenangan tim. “Pertandingan yang sangat bagus dan seru untuk kedua tim. PSM juga main bagus. Tentunya kita bisa menang melawan juara bertahan, apalagi saya yang mencetak gol dan bisa membantu tim untuk merengkuh kemenanangan” ujar Song yang ikut jumpa pres bersama Uston.

KIRI AMAN. Bek kiri Reva Adi berhasil menjaga lini pertahanannya selama 90 menit. Reva harus diganjar kartu kuning di menit 11′. [Foto Djoko Kristiono/EJ]

Song juga sangat menyukai pemain yang setelah pertandingan keliling stadion menyapa pendukung di tribun. Menurutnya hal itu sebagai keakraban antara pemain dan pendukung. “Yang pasti hubungan saya dengan fans, hubungan dengan seremoni itu cukup baik, karena dengan itu untuk berterima kasih, secara pribadi, saya menganggap bahwa dukungan fans membuat kita lebih akrab baik sebelum, saat, dan sesudah” sambung Song. “Saya berterima kasih kepada fans yang masih setia mendukung sampai 90 menit dan hingga pekan kesekian ini masih percaya kepada tim” lanjutnya.

PSM banyak menekan Persebaya. Ada celah yang banyak di lini pertahanan, tidak beruntung saja Pasukan Ramang itu membobol gawang yang berada di jaga Andhika Ramadhani. Uston menjelaskan bahwa sepak bola adalah hasil akhir. Soalnya masih banyak celah di lini belakang, mantan pelatih EPA U20 Persebaya ini menepis anggapan itu.

“Sekarang lini belakang rapuh, ada gol gak?” tanya uston kepada awak media. “Sepak bola itu yang penting hasil akhir” tegasnya. Mantan gelandang persebaya ini menuturkan bahwa secara permainan anak asuhnya telah sesuai dengan game plan tim.

Uston mengganti Andre Octaviansyah di menit 68′ dan memasukan Ze Valente, dirinya beralasan bahwa Ze bisa menahan bola, kemudian Sho Yamamoto di tempatkan sebagai striker dalam format false nine.

Pertandingan berjalan cukup keras, tercatat 6 kartu kuning dikeluarkan wasit untuk empat pemain Persebaya dan dua untuk pemain PSM Makassar. Kemenangan ini mengangkat Persebaya ke posisi 5 di klasemen sementara dengan poin 14. Selanjutnya Bajul Ijo akan bertandang ke markas PSS Sleman, sabtu (26/8/23) di stadion Maguwoharjo, Sleman, Jogjakarta.

_______________________
greenforce.co.id
tonirupilu / jurnalis
yans.loss27/fotografer

Tinggalkan Komentar