Menanti Nyali wani Persebaya di Piala Presiden 2018

0
614

By: Ridwan Uno

Menjelang Laga Perdana Piala Presiden 2018, para pemain Persebaya tetap serius berlatih, dan kini langsung ditangani sendiri oleh Coach Alfredo Vera yang sudah kembali dari Argentina. Dengan Materi pemain yang tak berubah dan ditambah beberapa pemain baru yang dulunya adalah anak asuh Coach Alfredo di Persipura, team Persebaya tetap mencoba untuk percaya diri.

Berada satu Grup dengan PS TNI, Perseru dan Madura United sekaligus jadi tuan rumah secara hitung-hitungan kasar,  mestinya Persebaya bisa melewati Grup ini. Tapi tunggu dulu, Persebaya tidak boleh terlalu jemawa, memang dari segi materi pemain mereka unggul diatas PS TNI dan Perseru Serui dan (mungkin) berimbang dengan Madura United.

Tapi, sepertinya bukan itu yang dicari Persebaya. Di turnament ini kita akan melihat seberapa siap para punggawa Persebaya dalam mengarungi Liga 1 mendatang. Sekaligus mengasah mental dan strategi dalam bermain.

Terlepas dari segala permasalahan seperti Polemik GBT, transfer pemain yang belum teralisasi, yang sedikit banyak menganggu persiapan team, tapi kita melihat team bajul ijo ini sebenarnya sudah (cukup) jadi.

Dari segi pemain, sektor Penjaga Gawang Miswar Saputra dengan Dimas Galih kemungkinan akan silih berganti menjadi stater nantinya. Dengan kualitas yg sama bagusnya, mereka berdua cukup bisa diandalkan sebagai penjaga gawang Persebaya.

Di Sektor belakang, hadirnya Otavio Dutra menambah kekuatan lini belakang. Kemungkinan besar ia bisa duet dengan Fandy Imbiri yg lugas atau bergantian dengan Andri Muladi atau juga sekaligus menambahkan jam terbang Rahmat Irianto (kalau ia tidak dipanggil Timnas) agar semakin matang kedepannya. Dan sekarang tinggal menunggu arahan coach Alfredo dalam menemukan chemistry pemain belakang, saja. Sedangkan di posisi Back kanan Abu Rizal bakal tetap di percaya. Sementara di posisi Back kiri, besar kemungkinan bakal diisi oleh Ruben sanadi yang lebih berpengalaman.

Lini Tengah, Rendi Irwan bakal di dampingi Nelson Alom atau M Hidayat, Sidik Saimina dan menunggu debut kembalinya Misbakul Solichin, tapi jangan lupakan gelandang muda Adam Maulana yang enerjik dan apik saat di babak 8 besar liga 2 lalu.

Lini Depan Rishadi Fauzi dan Ricky kayame bakal bergantian menjadi goleador. Dan ini tergantung strategi yang di terapkan Alfredo Vera nantinya. Yang menarik di komposisi baru Persebaya ini, adalah: di sisi sayap. Irfan Jaya, Oktavianus Fernando bakal di topang pemain baru Timnas u23 Osvaldo Haay dan mantan kompatriotnya di Persipura, Ferinando Pahabol. Dan ini belum ketambahan rumor masuknya Anfik Vermansah ke Tim Persebaya nantinya. Sangat gemuk komposisi di bagian ini. Menarik sekali.

Dengan materi tersebut kita bisa melihat, bahwa, besar kemungkinan Persebaya bisa Lolos Grup ini dengan mudah. Tapi ingat, ini adalah sepak bola, segala yang mungkin bisa jadi tidak mungkin. Tidak ada kalkulasi matematis yang valid di olahraga ini. Semua bisa terjadi.

Dan dari hasil laga piala Presiden nanti kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan team ini, perlu tambahan di sektor mana atau bahkan nanti kedepannya siapa lagi pemain baru yang bakal mengisi mana, atau bahkan menggantikan siapa, tentu tahap ini (Piala Presiden, red) sangat di perlukan.

Untuk para fans Persebaya pasti berharap team ini akan selalu meraih hasil maksimal dan mungkin terus untuk bisa menang. Tapi semoga mereka juga harus siap menerima hasil yang kurang baik nantinya, sebagai pembelajaran untuk terus mengawal team kebanggaan baik suka maupun duka.

Di piala Presiden 2018 ini meski kekuatan Persebaya tereduksi. 3 pemain persebaya, yakni : Osvaldo Haay, Rachmad Irianto, dan Irfan Jaya harus absen guna mengikuti Pelatnas Asian games. Semoga tim pelatih sudah menyiapkan para pemain pelapis yang mumpuni atas absennya nama-nama tersebut,  dan semoga itu tidak menjadikan beban untuk Persebaya karena kehilangan pemain-pemain kunci yang potensial, yang berakibat menurunnya performa mereka di Piala Presiden 2018 ini.

Ingat, Pondasi kuat di team di Laga Pre Season ini akan jadi modal kuat untuk mengarungi Liga 1 nantinya.

Selamat berjuang para pemain Bajul Ijo. Yakinilah Kau tak sendirian dalam mengarungi pertandingan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here