Menghadapi Pemuncak Klasemen Sementara, Aji Santoso : “Madura Bagus, Bukan Berarti Tidak Bisa Di Kalahkan”

0
37
Aji Santoso Dan Risky Ridho Di Pre-Match Press Conference (31/7/22). Risky Ridho Akan Menggantikan Alwi Slamat Sebagai Kapten Sementara. Alwi Slamat Sedang Pulang Ke Maluku Dalam Penyembuhan Cedera Yang Dialami Saat Bermain Melawan Persikabo 1973 Pada Tanggal 25 Juli 2022 Di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Persebaya Memiliki 3 Kapten. Pertama Alwi Slamat, kedua Risky Ridho, Dan Ketiga Leo Lelis. (Foto Greenforce.co.id)

Surabaya, greenforce.co.id – Persebaya di pekan ke-4 ini akan menjamu pemuncak klasemen sementara BRI Liga 1. Laga lanjutan mendatang akan menghadapi Madura United, Minggu (14/8/22) di Gelora Bung Tomo Surabaya, pukul 16.00.

Fabio Lefundes, pelatih Madura United mengakui kesulitan saat bertemu Persebaya di Surabaya. Pelatih asal Brasil itu menjelaskan panjang lebar perjalanan Madura United hingga pekan ke-3 yang banyak mendapat pesimistis dari fans, namun semua mampu dilewati papar Fabio di jumpa pres siang tadi, Sabtu (13/8/22).

“Kita sudah tahu bagaimana susahnya melawan Persebaya disini” ungkap Fabio melalui penerjemah bahasanya.

Dengan situasi ini berbanding terbalik dengan Persebaya yang telah mempersiapkan melakoni laga Derby ini. Hasil negatif saat kalah oleh Bhayangkara FC telah di evaluasi Aji Santoso. Risky Ridho dan kawan-kawan akan tampil allout untuk meraih hasil maksimal, “meskipun pertandingan ini tidak mudah, seluruh tim akan bekerja keras meraih 3 poin” kata Risky Ridho saat menemani pelatihnya di PreMatch Press Conference.

Persebaya telah memperbaiki dua kesalahan yang mengakibatkan dua kekalahan. Pertama saat melawan Persikabo 1973 oleh penalti, dan kedua oleh Bhayangkara FC melalui setpiece. “Kami sudah memperbaiki itu, mudah-mudahan kami bisa memenangkan pertandingan” ujar Aji.

Aji Santoso memompa mental anak asuh-nya untuk tidak gentar menghadapi Madura United yang sedang dalam top performance. “Memang Madura dalam kondisi yang bagus, tetapi bukan berarti tidak bisa di kalahkan” tegasnya.

Pemain Persebaya di himbau aji untuk tidak melihat Madura United secara berlebihan. Aji berharap besutannya normal dalam melihat capaian di tiga pekan Madura saat ini. “Pemain saya juga bagus dan berkualitas, pesan ini sudah saya sampaikan untuk mereka tetap fight” lanjutnya.

Kondisi pemain Persebaya yang cedera juga dikatakan pelatih asal Kepanjen Kab. Malang itu sudah mulai mengikuti latihan. Silvio Junior, Supriadi, dan Leo Lelis sudah latihan dan siap bermain. Untuk kondisi Marselino Ferdinan, Aji berkata bahwa adik kandung Oktofianus Fernando ini sudah ikut latihan, namun tidak berani mengambil resiko, Marsel sepertinya belum bisa diturunkan besok sore.

“Supri kondisinya bagus, untuk 21 pemain line-up dia masuk, jadi gak ada masalah” terang CEO Asifa ini.

“Saya menyimpan Marsel dulu, saya takut memasangnya besok dia cedera lagi, tetapi masuk tidaknya ke line up bergantung besok pagi” ucapnya.

Alwi Slamat belum bisa bermain. Hal itu karena Alwi saat pulang kampung dan kembali dia baru mengikuti dua kali latihan. “Saya memasang pemain yang sudah siap, kalau mungkin dia (Alwi) sudah sembuh, apakah fisiknya siap bermain 90 menit, jadi yang tahu itu pelatih” tegas Aji.

Madura Bertekad Putuskan Rekor Susah Menang Di Gelora Bung Tomo

Setiap pelatih itu normal memberi motivasi dan rasa percaya diri ke anak asuh-nya itu normal kata Aji. “Kalau Madura menyampaikan ingin memecahkan rekor, saya sampaikan ke pemain jangan sampai rekor itu pecah” tantang Aji.

Sebagaimana tekad Madura United yang akan mengalahkan Persebaya di kandang, Aji menyanggah hal itu dan bertekad serupa, “saya tidak mau di kalahkan Madura United” tegasnya.

Musim ini, Madura United dihuni pemain berkualitas. Aji Santoso mewaspadai seluruh pemain asing dari gelandang hingga lini serang tim berjuluk Sape Kerab itu. Dikatakan pelatih terbaik musim lalu, meski tidak man to man marking, saya tekankan ke anak-anak harus menang. “Mungkin kalau kita kalah diluar bisa di terima, kalau di kandang harus fight dapat poin 3″ ujar Aji.

Segala cara harus dilakukan. Cara yang di maksud adalah bukan dengan hal negatif. “Saya ingin menang dengan sportif, main bagus, dan menang” lanjutnya.

Leo Lelis yang akan bermain di hadapan penonton di kompetisi resmi, Aji mengatakan bahwa pemain berpaspor Brasil itu berpengalaman. Meski berhadapan dengan tim bagus, Aji merasa pemain belakangnya memiliki mentalitas bagus termasuk Leo Lelis.

Untuk mengantisipasi bola mati, Aji juga telah melatih beberapa pemain selain Higor Vidal sebagai eksekutor. “Vidal memang belum bisa menggunakan kaki kirinya, dia takut bermasalah paha kiri nya” pungkas Aji. Sementara Risky Ridho juga menambahkan bahwa kesalahan yang berakibat vatal telah diantisipasi agar kesalahan yang berdampak sebagai peluang lawan tidak lagi terjadi tutup pemain nasional itu.

(tr/yl)