Persebaya Akan All Out Hadapi Bali United, Coach Teco : “Saya Respek Pada Persebaya, Ini Tim Awal Karir Saya Di Indonesia”

0
81
Selebrasi Ricky Kambuaya Bersama Rekan-rekannya Saat Berhasil Menyamakan Kedudukan. (Foto YL)

Denpasar, greenforce.co.id – Penghujung Kompetisi BRI Liga 1 Musim 2021/2022 menyisakan dua pertandingan. Memasuki pekan ke-33 Persebaya akan di ‘jamu’ tuan rumah Bali United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Jumat, 25 Maret 2022.

Pertemuan kedua tim saling mengalahkan sejak Persebaya bergabung di kompetisi teratas tanah air pada 2017 silam.

Pertemuan putaran pertama musim ini, di stadion yang sama I Gusti Ngurah Rai, Bajul Ijo berhasil menekuk Laskar Tridatu 3-1. Dengan bekal ini Persebaya optimis bisa menahan sementara pesta Juara Bali United.

Bali United tinggal membutuhkan 1 poin untuk mengunci gelar kali kedua mereka secara beruntun dari 2019 dan 2022, untuk musim 2020 ditiadakan karena pandemi.

Stefano Cugurra yang akrab disapa coach Teco mengatakan bahwa di putaran pertama Persebaya layak untuk menang dengan permainan bagus, dan posisi waktu itu ada di atas Bali United.

Untuk putaran kedua, mantan pelatih fisik Persebaya saat juara 2004 mengatakan bahwa sekarang momentum di miliki anak asuh-nya. “Saya pikir ini momentum dari Bali United yang lebih bagus dari mereka (Persebaya) ” kata Teco.

Ricky Fajrin yang menemani Teco mewakili rekan-rekannya telah sepakat untuk bermain seperti biasa. Ricky juga mengatakan bahwa pertandingan besok bukan sebagai beban, sebab Bali United hanya butuh 1 poin untuk mengunci gelar juara.

“Kita akan fokus dan kerja keras untuk bisa memenangkan pertandingan” sambung pemain asal Palu Sulawesi Tenggara itu.

Teco menambahkan bahwa tensi pertandingan ini meskipun krusial, namun pelatih berkebangsaan Brasil itu menanggapi datar, “ini sama dengan saat akan melawan Arema, Madura, dan kemudian Persebaya” ujarnya.

“Persebaya tim kuat dan bagus, kita harus kerja keras untuk menghadapinya” sambungnya.

Bali United memaparkan kiat-kiat mereka bangkit di putaran kedua. Teco mengatakan bahwa mereka mendatangkan pemain asing dan lokal berkualitas sebagai amunisi mengarungi serie Bali atau putaran kedua itu.

“Setelah ada perubahan tim, suasana dalam tim begitu positif, tak ada suasana negatif disana, setiap menang pemain percaya diri, pelatih percaya diri, ”

Dengan memiliki peluang juara yang sangat tinggi, Ricky dan Teco tidak mengetahui segala persiapan yang dilakukan tim jika besok mereka dapat mengunci gelar.

Bali united fokus menghadapi pertandingan besok, untuk hal lain itu managemen yang mengatur kata Ricky menjawab pertanyaan soal persiapan pesta juara.

Teco mengatakan bahwa dia fokus untuk pertandingan dan meletakan respect yang tinggi untuk Persebaya.

“Awal saya berkarir di Surabaya di Persebaya, saya kenal kualitas mereka, kenal orang Surabaya, mereka berkualitas” puji Teco.

“Liga belum selesai kita harus respek sama Persebaya” tandasnya. Teco menegaskan bahwa kekalahan di putaran pertama bukan karena dia sedang mengambil lisensi di Brasil, melainkan Persebaya bermain bagus. “Persebaya bermain bagus, kita kalah ya kalah, Persebaya bagus, bukan karena tak ada saya” tutupnya.

Persebaya yang memiliki misi untuk menyapu bersih dua laga sisa juga akan bekerja keras dan fokus. Dengan beberapa perubahan pemain akibat cedera dan akumulasi kartu, Aji Santoso telah mempersiapkan tim sebaik mungkin.

Reva Adi, Frank Richard Sokoy, dan Alwi Slamat di pastikan tidak bisa turun besok. Kendati demikian Persebaya percaya diri dengan kemenangan di putaran pertama lalu. Kemenangan tersebut menjadi bekal tim melakoni pertandingan besok.

Aji Santoso mengatakan bahwa anak asuh-nya akan fight dan mempertahankan kemenangan, meskipun besok adalah pertandingan penting bagi Bali United, Persebaya juga ingin meraih kemenangan di sisa laga.

“Saya tekankan ke anak-anak untuk bermain fokus dan fight, enjoy, lepas, besok saya ingin memenangkan pertandingan, yang justru tertekan adalah Bali United bukan Persebaya” tegas Aji menanggapi pertanyaan seberapa tertekannya Persebaya besok menghadapi calon kuat Juara.

“Saya tekankan kepada semua, besok adalah pertandingan yang sengit, tidak ada rekayasa, Persebaya akan mengalah untuk muluskan Bali United juara, atau mengalahkan Bali untuk memberi kesempatan Persib, yang jelas besok laga untuk menentukan langkah kami sendiri, besok adalah laga yang Halal Tayibban” tutup Aji.

(tr/yl)