Sama-Sama Memiliki Hasil Positif Di Pekan Ke-6, Aji Santoso : “Yang Bisa Memanfaatkan Peluang, Dia Yang Memenangkan Pertandingan”

0
50
Alwi Slamat Mengejar Bola Di Daerah Pertahanan Borneo FC.[Yansloss/greenforce.co.id]

Surabaya, greenforce.co.id – Pekan ke-7 Persebaya akan melawat ke Sleman, Jogjakarta, Sabtu (27/8/22). Menghadapi PSS Sleman di lanjutan BRI Liga 1, Persebaya mengemban misi meraih poin disana.

Hasil positif menang saat menjamu PSIS Semarang kemarin, Selasa (23/8/22) menjadi modal percaya diri tim untuk menghadapi laskar Elang Jawa di Stadion Maguwoharjo.

Persebaya membawa 22 pemain sama persis dengan rombongan saat melawat ke Samarinda, dalam formasi tersebut tidak ada nama Risky Wahyu yang akan digantikan Syaiful terang Aji Santoso. Hal itu dikatakan untuk melengkapi tim saat official training dalam game internal disana.

“Kami membawa 22 pemain meski yang masuk line-up 21 pemain, saya ingin saat official training pemain lengkap 22” kata Aji ditemui di latihan recovery sekaligus pembukaan Piala Walikota, Rabu (24/8/22).

Kabar membanggakan di dapat bahwa ada 4 nama pemain Persebaya yang di panggil timnas untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 tahun 2023.

Marselino Ferdinan, Aditya Adi, Wahyudi, dan Widi Syarif akan memenuhi panggilan negara tersebut. Kendati demikian, Persebaya telah melayangkan surat kepada PSSI terkait Marselino Ferdinan.

Persebaya berharap dispensasi pemain asal Bintang Timur itu bisa memperkuat Persebaya sampai laga melawan Bali United (2/9/22) di Surabaya.

Latihan timnas itu akan digelar di Jakarta mulai tanggal 25 Agustus hingga 6 September 2022. Aji Santoso menjelaskan kepada awak media di GBT bahwa managemen Persebaya telah menyurati permohonan tersebut.

Persebaya wajar jika membutuhkan jasa pemain asli binaannya itu. Saat melawan PSIS Semarang, Marselino menjadi penentu kemenangan melalui sepakan roket itu. Tentu jasa pemain adik kandung Oktafianus Fernando itu sangat dibutuhkan papar Aji Santoso.

Persiapan minim ini dimanfaatkan Persebaya untuk menguatkan tim dengan baik. Aji mengatakan bahwa PSS merupakan tim bagus dengan materi pemain yang baik.

PSS Sleman dan Persebaya sama-sama memiliki hasil positif di pekan ke-6. PSS di hari yang sama dengan laga Persebaya versus PSIS, Super Elja berhasil menggandaskan Persik Kediri di stadion Brawijaya dengan skor 2-0.

Dengan memiliki kesamaan secara permainan, Aji Santoso menjelaskan bahwa “yang bisa memanfaatkan peluang yang bisa memenangkan pertandingan” ucapnya.

Minimnya waktu pemulihan menurut Aji sangat tidak ideal. “Yang ideal istirahat 5 hari, lah ini 2-3 hari” Namun demikian, pelatih terbaik musim lalu ini berujar bahwa jadwal yang sudah ada ini harus dijalani, “yang penting bagaimana kami menyiasati recovery anak-anak lebih cepat” sambungnya.

Persebaya saat ini memiliki 36 pemain. 26 pemain telah merumput di liga 1 musim ini. Aji menyanggah konsep dan istilah the winning team saat ditanya soal komposisi tim ideal Persebaya.

“Saya tidak percaya adanya winning team. Saya pernah berkali-kali mempertahankan the winning team, pertama menang kedua juga belum tentu menang, saya tidak pernah terpaku pada winning team” papar Aji.

Winning team, menurut Aji jika ada satu atau dua pemain yang kondisi tidak bugar tentu tidak akan dipasang, “jadi saya mempertahankan permainan itu pada kondisi dan performa pemain, mungkin bisa saja nanti di Sleman bisa saya rubah, karena saya berkali-kali sudah saya tandai the winning team, dream team, akhirnya kalah, sepak bola tidak bisa seperti itu, saya tidak percaya adanya the winning team” pungkasnya.

(tr/yl)