Tak Pusing Tren Positif Persib, Persebaya Fokus Rebut 3 Poin

0
22
FOKUS. Josep Gombau mengaku mengetahui dan mendengar Persib Bandung dari mantan pelatih mereka Luis Milla. [Foto Oscar Baadila/EJ]

Surabaya, greenforce.co.id – Pekan ke-15 antara Persebaya versus Persib Bandung akan tersaji di Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (7/10/23) pukul 15.00.

Josep Gombau dan Ze Valente. [Foto Oscar Baadila/EJ]
Persebaya ingin meraih poin penuh dihadapan pendukung mereka, setelah sebelumnya di pekan ke-14 Persebaya hanya meraih satu poin saat melawat ke Tangerang markas Dewa United.

Gombau mengatakan bahwa laga besok adalah pertandingan penting. Sebuah laga kandang dan berhadapan dengan tim yang sedang dalam tren positif. “Kami mempersiapkan tim dengan keras sepanjang pekan untuk laga ini” kata Gombau.

Persebaya siap mengamankan tiga poin di laga klasik sejak era Perserikatan ini. “Besok kita siap, kami ingin melengkapi dan kenapa tidak untuk mendapatkan tiga poin” sambung Gombau di pre-match press Conference siang tadi.

Seluruh pemain Persebaya lengkap, hanya Arif Catur yang tak bisa bermain akibat sanksi akibat sikutan keras pada Ady Setyawan pekan lalu. Ze Valente yang hadir di PMPC mengatakan bahwa setiap pertandingan adalah penting. “Kita tahu ini adalah laga besar untuk banyak orang, pertandingan yang baik untuk pemain, klub, dan itu normal” kata gelandang asal Portugal ini.

“Kita bekerja keras, mengikuti semua instruksi pelatih dan siap untuk memenangkan pertandingan” lanjut mantan pemain PSS Sleman ini.

Tren positif Persib tak lepas dari striker haus gol mereka David Da Silva. Persib di pekan sebelumnya membekuk Persita Tangerang 5-0 tanpa balas, David Da Silva turut memberi gol atas kemenangan tersebut.

Kondisi tersebut di tanggapi Gombau. Pelatih asal Spanyol itu menuturkan bahwa Persib sebagai tim yang bagus, namun Persebaya akan memberi perlawanan nantinya. “Saya rasa ini pertandingan setara, secara detail akan tersaji di laga ini” kata pelatih yang pernah terlibat di Barcelona FC.

Kendati demikian, Gombau sangat hormat atas tim asal Ibu Kota Provinsi Jawa Barat itu. “Kami ingin dan mencoba memenangkan laga meski kita tahu mereka (Persib) memiliki kedalaman tim yang baik” ucapnya.

Gombau tak gegabah dalam membaca kekuatan Persib dan kedalaman Persebaya. Meski Persebaya terbilang memiliki tren baik sejak di pegangnya, Gombau tetap merendah. “Pelatih itu bukan tukang sulap, saya datang untuk bekerja sama untuk tim” ujarnya.

Tim sudah berjalan dan terbangun dengan baik jauh sebelum Gombau datang. “Saya rasa dan yang terpenting kita bekerja dengan baik di setiap latihan, setiap hari, fokus, dan mengembangkan hasil evaluasi” terangnya.

“Kita punya keyakinan, kita punya mentalitas untuk memenangkan pertandingan” lanjutnya.

Meski baru di liga Indonesia, kekuatan Persib coach Gombau sedikit banyak telah mengetahuinya. Gombau sebelumnya tidak tahu Persib, kemudian dirinya tahu bahwa Luis Milla pernah disana, “saya tahu mereka tim papan atas dan memiliki latar histori juga” puji Gombau.

Kendati demikian, Gombau menjelaskan bahwa laga ini adalah laga kandang, dan Persebaya juga memiliki histori dengan begitu dirinya sangat menghormati.
“Kami akan bertarung besok, dan kita percaya akan merepotkan mereka mendapatkan tiga poin disini” tegas pelatih berusia 47 tahun ini.

Ketajaman penyerang-penyerang Persib, Gombau mengaku pertandingan ini menyangkut mental tanding. Mentalitas sebagai tim pemenang untuk tetap memenangkan pertandingan, sebab sepak bola menyangkut 90 menit. Sepak bola adalah pertandingan 11 lawan 11. Optimisme Persebaya ini di dukung oleh supporter yang akan mendukung sepanjang pertandingan.

Ze menargetkan untuk membantu tim memenangkan pertandingan. Pemain bernomor 10 ini tidak memiliki target apapun. Siapapun yang mencetak gol, ze tidak mempersoalkan siapapun pencetak gol. “Jika saya tidak mencetak gol, pemain Persebaya lainnya yang mencetak gol” tambah Ze.

“Saya siap untuk bermain seperti pemain nomor 10 atau lebih menyerang atau bermain seperti nomor 8 jika tim membutuhkan, dan tentu saja jika saya bermain lebih dalam, saya mungkin tidak menciptakan lebih banyak assist atau sesuatu agar bisa lebih banyak menyerang atau lebih kebelakang untuk menyeimbangkan tim” lanjut Ze

“Tetapi saya nyaman jika bermain lebih menyerang atau lebih bertahan. Bagi saya, yang paling penting adalah melakukan yang terbaik dan bisa membantu tim menang” tutup Ze.

_____________________
greenforce.co.id
tonirupilu/Pre
yans.loss27/pho

Tinggalkan Komentar