Tutup Musim Lawan Kediri, Munster : “Bermainlah Dengan Rasa Bangga”

0
17
Paul Munster Dalam Sebuah Jumpa Press pra pertandingan melawan PSS Sleman, Minggu (3/3) di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Selain persiapan menghadapi tim berjuluk Super Elang Jawa itu, ditanya awak media soal kontrak Bruno Moriera, pelatih asal Irlandia ini mengatakan tidak berani mempertanggung jawabkan, sebab ini menjadi ranah official dan bukan pernyataan resmi official klub tentang masa depan pemain asal Brasil itu di Persebaya. [Foto Oscar Baadila/EJ]

Surabaya, greenforce.co.id – Pekan terakhir BRI Liga 1 Musim 2023/2024 akan berakhir di pekan ke-34, dimana Persebaya akan menjamu Persik Kediri, Minggu (28/4) di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Persebaya membutuhkan kemenangan untuk menutup musim ini dengan gembira. Di 3 pertandingan terakhir Persebaya tidak mendapatkan poin maksimal, kalah dari Dewa United, Persib Bandung, dan Bali United, mau tak mau Persebaya harus meraih kemenangan.

Paul memotivasi pemainnya untuk bermain dengan rasa bangga. “Bermain dengan rasa bangga, rasa bangga terhadap diri sendiri, keluarga, dan suporter, Bonek dan Bonita, serta masyarakat Kota Surabaya” kata Munster pada konferensi pers pertandingan pra-pertandingan.

“Inilah yang saya maksud dengan bermain dengan rasa bangga” sambungnya.

Dijelaskan Munster bahwa persiapan seperti biasa yang dilakukan, tidak ada yang berubah. Kita fokus penuh untuk pertandingan ini dan pemain sudah siap untuk pertandingan ini. “Untuk laga terakhir, kami akan mengerahkan 100 persen kekuatan” tegas Munster.

Pertandingan ini juga akan sebagai penilaian rapor pemain untuk tetap bertahan atau tidak. “Ya, laga ini menjadi bagian dari itu. Ini jadi bagian bagi para pemain untuk bermain demi masa depan mereka. Mereka juga tahu, khususnya pemain yang bakal habis kontrak” sambungnya.

“Jadi, ini tergantung pada mereka untuk bisa menunjukkannya. Saya bisa memberi mereka informasi sebanyak mungkin. Saya memberi banyak informasi kepada pemain, mempersiapkan mereka secara fisik, taktik, mental untuk pertandingan ini” paparnya.

“Jadi, saya katakan bahwa sekali Anda melewati garis putih lapangan, itu terserah kamu. Saya tidak bisa masuk lapangan dan menikmatinya di lapangan juga” lanjutnya.

Harapannya, masih kata Munster mereka akan melakukan yang terbaik yang mereka bisa. Para pemain akan selalu melakukan yang terbaik yang bisa mereka tunjukkan, kemudian saya percaya para pemain akan melakukan pencapaian.

Bek kanan Persebaya Arif Catur yang mendampingi pelatihnya di jumpa pers juga mengatakan harapan dirinya dan rekan-rekannya. “Untuk pertandingan besok semoga bisa meraih tiga poin. Kita dan teman-teman sudah siap berjuang untuk laga terakhir besok supaya besok mengakhiri kompetisi dengan kemenangan” terang Catur.

Beberapa pemain Persebaya belum main sekalipun musim ini, Munster memberi isyarat mereka bisa bermain selama di latihan bermain bagus. “Mungkin saja, tetapi bagi saya para pemain yang bermain harus membuktikan diri di sesi latihan. Saya disini sudah tiga bulan. Pemain yang tidak bermain, pasti ada alasan mengapa mereka tidak saya mainkan. Saya tidak hanya menurunkan pemain untuk tampil” terangnya.

“Mereka harus menunjukkan pada saya di sesi latihan bahwa mereka harus menunjukkan mentalitas bahwa mereka bisa tampil, mereka akan fight dan saya tidak memberi menit untuk pemain yang sekedar ingin bermain. Tetapi di dua laga terakhir, saya telah menurunkan semua pemain cadangan dan bagi saya usia tidak relevan” ungkapnya.

“Jika anda lebih muda atau tua. Jika anda jadi pemain, Bisakah anda membuktikan diri bahwa anda bisa bermain? Tetapi kamu harus membuktikan diri kepada para pelatih bahwa latihan mu kurang bagus” sambungnya.

“Saya tidak akan memainkanmu, simpel. Jadi, kita akan lihat besok. Siapa saja yang akan mendapatkan menit bermain. Tetapi bakal ada pemain yang akan saya rotasi di tim ini” jelasnya.

Pada putaran pertama Persebaya kalah 4-0, Flavio Silva cetak dua gol, Munster mengatakan bahwa dirinya belum bersama Bajul Ijo. “Pertama-tama, saya belum ada disini. Jadi, saya tidak tahu soal pertandingan itu, tetapi tentu saja seperti yang saya katakan sebelumnya, kita akan menunjukkan para pemain tentang kekuatan dan kelemahan Persik Kediri” jelasnya.

Munster mengetahui siapa pemain yang bagus di Persik Kediri. “Jadi, tidak ada perubahan besar atau pemain mereka bagus. Mereka tahu, tapi saya akan memberinya lagi. Saya akan memberi mereka informasi sebanyak mungkin. Siapa pemain bagus mereka. Mungkin siapa yang tidak terlalu baik dan bagaimana bisa memenangkan laga ini. target kita jelas untuk meraih kemenangan. Jadi, harapannya pemain akan siap untuk besok” tegasnya.

 

Beberapa laga kandang terakhir Persebaya sepi penonton, pelatih asal Irlandia ini mengungkapkan “suporter sejak hari saya jadi pelatih disini sampai sekarang tentunya suporter Bonek dan Bonita sangat baik. Suporter sangat positif, mereka juga sangat suportif. Fans jelas bukan orang bodoh. Mereka paham situasi sepanjang musim. Jadi, semua yang saya lakukan adalah saya merasakan rasa sakit yang mereka rasakan. saya merasakan hal yang sama, karena kita sebagai orang di sepak bola, kita ingin yang terbaik untuk Persebaya” terangnya.

“Jadi, saya harap semuanya bisa hadir di pertandingan ini, tanpa memedulikan hasil [lawan Persik], karena suporter sangat penting untuk kita. Suporter juga sangat emosional, mereka juga ingin menang, tentunya bagus. Bisa memberikan pemain kepercayaan diri. Di dunia sepak bola, tekanan itu sangat normal, karena kita adalah tim bagus, tim besar, pemain bagus. Kita diharapkan untuk menang. Jadi, ini normal” harap Munster.

Kita harus menang laga berikutnya dan saya berharap kita akan didukung sangat banyak fans di laga pamungkas. Harapannya kita bisa menyelesaikan musim dengan cara yang bahagia bagi saya ungkap Munster

Hal terpentingnya adalah kita harus memenangkan pertandingan dan Bonek dan Bonita, serta orang-orang bahagia, tersenyum, dan tentu saja kita akan fokus untuk persiapan musim depan kata Munster dengan lugas.

Tetapi targetnya saat ini adalah memenangkan laga ini. Jadi, mohon semuanya bisa hadir di pertandingan ini, karena seperti yang saya katakan tadi, suporter di sini sangat istimewa. Bagi saya, ini dukungan yang bagus. Ya, mereka sedikit frustasi. Saya mencoba untuk memahami, tetapi harapannya mereka bisa datang ke pertandingan ini pungkasnya.

Bek kanan asal Mojosari alumni Bintang Angkasa ini menjelaskan tekanan yang ada di tiga pertandingan terakhir.  “Kalau tekanan sendiri jelas ada ya. Tapi teman-teman saling support, saling bantu untuk meningkatkan kualitas, untuk memenangkan pertandingan terakhir besok” tandasnya.

______________
greenforce.co.id
tonirupilu/jurnalis
yans.loss27/photographer

Tinggalkan Komentar