Aksi Bonek Blitar Bersatu memerangi COVID-19 dengan masyarakat, Semprot disinfektan di jalan-jalan hingga ke Pasar

0
227
Bonek Blitar Bersatu sedang menyemprot jalan di area desa Jajar Kanigoro. (Dok BBB)

BLITAR, GREENFORCE– Wabah coronavius / COVID-19 menembus hingga ratusan negara dan menelan ribuan korban jiwa. langkah beberapa negara dengan me-lockdown wilayah dianggap sebagai cara ampuh memutus rantai peredaran virus tersebut.

Bonek Blitar Bersatu sedang menyemprot jalan di area desa Jajar Kanigoro. (Dok BBB)

Indonesia, sebagai negara dengan 250 juta lebih penduduknya, di beberapa daerah telah melakukan upaya preventif, serta melakukan kampanye/gerakan #stayathome atau #dirumahsaja. Upaya ini agar virus tersebut tidak dapat merenggut banyak nyawa dan korban.

Langkah konkret upaya preventif tersebut adalah penyemprotan disinfektan di rumah-rumah, sekolah, tempat ibadah, dan pasar tradisional. Tempat yang menghadirkan orang banyak berkumpul menjadi sasaran masyarakat untuk melakukan upaya tadi.

Pasar Kanigoro menjadi sasaran penyemprotan oleh Bonek Blitar Bersatu. (Dok BBB)

Bonek Blitar Bersatu, komunitas bonek di wilayah Blitar dan sekitarnya juga mengambil bagian dalam upaya penanggulangan tersebut. Minggu, 29 Maret 2020, bersama karang-taruna desa Jajar Kanigoro sebanyak 15 pemuda mereka memulai penyemprotan di wilayah Jajar Kanigoro hingga pasar Kanigoro.

Cak Savic selaku koordinator mengatakan “rencananya kita akan rutin 2 minggu sekali sambil melihat perkembangan Covid-19 dari situasi darurat pemerintah” sambungnya.

“Kita utamakan wilayah BBB (Bonek Blitar Bersatu) dulu mas, agar koordinasi dengan perangkat desa berjalan dulu” tutupnya. (tr)