Venezuela U-17 dan Meksiko U-17 Lolos, Timnas Indonesia U-17 Tersingkir

0
27
Latino. Pendukung timnas Venezuela U-17 saat memberikan dukungan pada pemain. [Doc. LOC WCU17/NFL]

 

JAKARTA – Tim nasional Indonesia U-17 berduka. Indonesia kelabu setelah tim kesayangan harus tersingkir di Piala Dunia U-17 2023. Kekalahan Venezuela U-17 dan kemenangan Meksiko U-17 menjadikan Indonesia gagal lolos ke 16 besar. Venezuela dan Meksiko yang sama-sama bertarung di Grup F yang meraih tiket ke babak knockout.
Jerman U-17 yang pertama kali lolos setelah tampil sebagai juara Grup F. Pada laga pamungkas penyisihan grup, di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu (18/11/2023), Jerman U-17 menaklukkan Venezuela 3-0.

Timnas U-17 Venezuela. [Doc. LOC WCU17/NFL]

Kemenangan itu sekaligus mempertahankan rekor tak terkalahkan dari tiga pertandingan di fase grup. Ini menjadikan Jerman meraih poin sembilan.

Meski kalah di laga terakhir, Venezuela tetap lolos ke babak 16 besar dengan posisi sebagai peringkat tiga terbaik. Sebelumnya, Venezuela menduduki peringkat dua. Namun Meksiko yang kemudian merebut posisi tersebut setelah menang 4-0 atas Selandia Baru U-17.

Meksiko pun berhasil mengoleksi empat poin. Sama dengan Venezuela, namun mereka unggul selisih gol sehingga lolos ke babak knockout dengan status peringkat dua grup.

Venezuela melengkapinya dengan menduduki peringkat tiga dari empat tim yang menempati ranking tiga terbaik. Iran U-17 di posisi pertama dengan poin enam. Disusul Jepang U-17 dengan poin sama. Selanjutnya Venezuela dan Uzbekistan U-17 berada di peringkat tiga dan empat.

Indonesia yang memiliki dua poin terlempar dari empat besar tim yang menempati peringkat tiga terbaik. Indonesia sendiri menempati peringkat paling bawah. Selain Indonesia, Burkiano Faso U-17 tersingkir meski menang 2-1 atas Korea Selatan U-17.
Dalam pertandingan melawan Venezuela, Jerman menunjukkan penampilan terbaik. Bahkan mereka unggul cepat lewat gol Robert Ramsak. Menyambut sepak pojok, dirinya menyarangkan gol dari jarak dekat ke gawang Jorge Sanchez saat laga baru berjalan satu menit.

Meski kecolongan lewat gol cepat, namun Venezuela langsung bangkit. Hanya saja serangan mereka selalu gagal. Sebaliknya Jerman berhasil menambah gol lewat Eric Da Silva Moreira di menit ke-42. Meneruskan umpan Ramsak, tendangan mendatar Moreira kembali robek gawang lawan.

Jerman U-17 semakin tak terbendung setelah gol ketiga. Kali ini, Ramsak mencetak brace di menit ke-57. Selepas itu, Jerman sepanjang permainan menguasai jalannya pertandingan, hingga akhirnya mereka menutup laga ini dengan kemenangan.

Usai pertandingan, Pelatih Jerman Christian Wueck mengatakan baginya laga ini merupakan pertandingan yang bagus. Dia pun sangat puas dengan performa timnya.
“Kami mencetak gol di lima menit awal jadi itu bukan pertandingan yang mudah. Tapi, ini sempurna untuk kami,” katanya.

Pada pertandingan lain, Meksiko berhasil menuju ke fase gugur Piala Dunia U-17 2023 setelah memetik kemenangan besar 4-0 atas Selandia Baru di Stadion Si Jalak Harupat, Kab. Bandung, Sabtu (18/11/2023). Laga itu sempat mengalami penundaan yang cukup lama karena cuaca buruk.

Meksiko menunjukkan performa terbaik meski sempat kesulitan mencetak gol. Namun Fidel Barajas akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-42. Meksiko menambah gol melalui Adrian Fernandez de Lara (47′).

Stephano Carrillo mencetak brace pada menit ke-54 dan satu lagi dari titik penalti menit 67. Pada babak selanjutnya, Meksiko menghadapi runners-up Grup B, Mali di Surabaya pada Selasa (21/11/2023).

Pelatih Meksiko, Raul Chabrand mengatakan jika ini merupakan pertandingan yang bagus. Mereka memainkan permainan yang lebih baik dibandingkan laga sebelumnya.
____________
BERITA MEDIA CENTER PD U17 KOMINFO

Tinggalkan Komentar