Menang Atas Vietnam, Shin Tae Yong: ” Mental Anak-Anak Bagus”

0
51
Shin Tae Yong Selebrasi Keliling Lapangan Saat Timnas U-20 kualifikasi AFC berhasil mengalahkan Vietnam 3-2 dalam pertandingan yang sangat dramatis. [Foto Yansloss/greenforce.co.id]

Surabaya, greenforce.co.id – Timnas U-20 yang mengikuti Kualifikasi AFC U-20 di Uzbekhistan tahun depan, berhasil mengamankan tiket menuju negeri pecahan Uni Sovyet itu.

Perjuangan Mochammad Ferarri dkk di Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (18/9) mengalahkan Timnas Vietnam 3-2 begitu dramatis.

Pertandingan begitu seru. Di tonton puluhan ribu supporter Indonesia, ledakan gemuruh penonton pecah saat Marselino Ferdinan masuk di babak kedua melepaskan tembakan keras khas miliknya di menit 60′.

Wonderkid. Marselino Ferdinan setelah melakukan sepakan keras ke gawang Vietnam. [Foto Yansloss/greenforce.co.id]

Tak berselang lama, Vietnam membalas oleh gol bunuh diri yang dilakukan M. Ferarri saat terlambat menutup laju bola, dan halauannya justru mengarah ke gawang Aditya Arya. Skor 1-1 kedua tim terus bermain saling menyerang.

Vietnam sempat menguasai pertandingan. Dinh Xuan Tin membawa tim nya unggul 2-1 atas Indonesia menit ke 79′. Tekanan demi tekanan dan dukungan supporter tiada henti, M. Ferarri membalas kesalahan gol bunuh diri dengan sundulan yang menyamakan kedudukan 2-2.

M. Ferarri. Kapten Kesebelasan setelah menyamakan kedudukan 2-2. [Foto Yansloss/greenforce.co.id]

Menusuk dari sisi kiri gawang Cao Van Binh, Rabbani Tasnim membawa Indonesia comeback. Arek Jember dan pemain Borneo FC ini menceploskan bola di menit 85′.

Pelatih Shin Tae Yong mengatakan bahwa meski anak asuh-nya sedang kalah atau tertinggal, mental dan motivasi mereka tidak kendur, dan terbukti bisa membalikan keadaan. “Ini artinya anak-anak sudah bagus” katanya.

Memasukan Marselino di babak kedua adalah bagian dari strategi STY. Dikatannya bahwa kondisi Marselino belum begitu pulih karena kepadatannya bermain di kompetisi bersama Persebaya. “Saya bilang, Marsel nanti kamu main di babak kedua, persiapkan dirimu” ujar Shin.

Aditya Arya, kiper muda Persebaya ini mencatatkan caps bersama timnas U-20. Alumni Asifa Malang ini bermain full time. Adit di door stop mixed zone mengatakan bahwa dia berterima kasih atas seluruh dukungan Persebaya, masyarakat Indonesia, dan rekan-rekannya.

Marselino setelah ini akan menuju Jakarta dalam persiapan menghadapi jeda FIFA matchday melawan Timnas Curacao di FIFA Matchday edisi September 2022. Laga akan digelar pada 24 dan 27 September 2022. Untuk pertandingan pertama FIFA Matchday atau pada 24 September, laga akan dimainkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat.

Kata adik kandung Oktafianus Ferdinan ” saya tidak muluk-muluk, saya akan berusaha memberi yang terbaik untuk negara” tutup Marselino.

Pertandingan semalam banyak dihadiri pejabat PSSI, Bupati, Walikota, dan FIFA. Tampak terlihat di tribun VVIP antara lain :

– Walikota Surabaya (Eri Cahyadi, S.T., M.T.)
– Bupati Lumajang (H. Thoriqul Haq, S. Ag, MML)
– Bupati Sidoarjo (H. Ahmad Muhdlor Ali, S.IP)
– Bupati Gresik (H. Fandi Akhmad Yani, SE)
– Danrem 084 Baskara Jaya (Brigadir Jenderal TNI Terry Tresna Purnama, S.I.Kom., M.M.)
– Ketua Asprov PSSI Jawa Timur (Ahmad Riyadh)
– Exco PSSI (Haruna Soemitro)
– Sekretaris Jenderal PSSI (Yunus Nusi, SE)

Dan perwakilan FIFA :
JAIME YARZA
CHRISTIAN SCHMOIZER

(tr/yl)