Persebaya Surabaya Adalah Instrumen Local Wisdom

0
180

Berbicara sepak bola memang tidak ada habisnya, ibarat tumbuhan yang meliputi wilayah akar, batang, daun, dan buah.

Hal ini penulis menyepakati secara personal bahwasanya, Persebaya Surabaya adalah tumbuhan LOCAL WISDOM-nya persepakbola-an tanah air. Hal ini dapat saya pastikan
karena memang kecintaan atau Katresnan ati (Kecintaan hati: RED) sejak kecil penulis sudah
mengidolakan Persebaya.

Fase demi fase telah terlewati, memang Persebaya ini dalam penghancuran mencari
bibit-bibit pemain mempunyai semacam pedoman atau visi-misi, sehingga terciptalah kosa kata Wani, Ngosek sak anye (Berani segalanya:RED) di setiap pertandingan.

Instrumen gerakan kearifan lokal ini, Persebaya juga didampingi setiap saat, entah itu dari dukungan secara langsung maupun tidak langsung oleh Bonek-bonita, tak ayal hal ini juga mempengaruhi pergerakan para pemain pemain tiap lini.

Berbicara tentang persebaya sudah saatnya mendengungkan wani target berkontestasi di kasta liga asia (mewakili indonesia) toh kalaupun di liga lokal sendiri sudah wani berkontestasi dengan tempur adu formasi instrumen kenapa diluar liga indonesia tidak?.

Instrumen wacana-wacana itulah yang sudah saatnya harus didengungkan dan pede ( Percaya Diri : RED) lantang berbicara, bersuara, bahwasannya klub ini besar dan bergerliya.

Hal ini juga harus di seimbangkan dengan eksistensi jangka pendek, menengah, dan, panjang yangsannya implentasi Persebaya harus menjunjung ataupun mengarah ke prestasi.

Salam satu nyali WANI!

 

  1. Oleh : Yusuf Vreda /Penulis Adalah Bonek