Kuda Hitam Mali Optimistis Kejutkan Prancis di Semifinal Piala Dunia U-17

0
12
Timnas Mali U-17. [Foto LOC WCU17/RKY]

SOLO – Kejutan timnas Mali U-17 berlanjut di perempat final Piala Dunia U-17 2023. Timnas Maroko U-17 menjadi korban berikutnya.

Dalam duel di Stadion Manahan, Solo, Sabtu, 25 November malam WIB, Mali U-17 memetik kemenangan 1-0 sekaligus melaju ke semifinal untuk bertemu Prancis U-17. Mali pun siap mengejutkan Prancis yang jadi tim unggulan.

Mali menjadi kuda hitam yang kian diperhitungkan. Kejutan demi kejutan diukir Les Aigles julukan tim Mali U-17 di babak gugur Piala Dunia U-17. Setelah menyingkirkan Meksiko U-17 dengan skor telak 5-0, Mali mengatasi perlawanan Maroko U-17.

Lewat pertarungan sengit dan berimbang, Mali harus bekerja keras sebelum memenangkan pertandingan. Bahkan gawang Mali seperti dinaungi keberuntungan karena pemain Maroko berkali-kali nyaris membobol gawang Mali.

Hanya saja, Mali unggul penguasaan bola. Ini yang menjadikan mereka bisa mencetak gol melalui Ibrahim Diarra di menit 81. Gol yang sudah cukup bagi Mali untuk melaju ke semifinal menghadapi salah satu unggulan di Piala Dunia U-17 2023.

Ya, Prancis menjadi salah satu unggulan bersama Jerman U-17 dan Argentina U-17. Kedua tim bertemu di laga semifinal lainnya. Di antara empat semifinalis, hanya Mali yang menjadi kuda hitam.

Pelatih Mali Soumalia Coulibaly menyatakan dengan tegas tim tak gentar menghadapi Perancis yang memiliki pertahanan impresif. Prancis sendiri lolos ke emat besar setelah menaklukkan Uzbekistan U-17 1-0 lewat gol Ismail Bouneb (83′).

“Kami harus bekerja sangat keras pada pertandingan ini. Pada babak kedua, kami sebetulnya bisa mencetak tiga atau empat gol untuk mengakhiri laga,” kata Coulibaly usai pertandingan.

“Saat memasuki babak kedua, situasinya fifty-fifty. Namun setelah mencetak gol, saya pikir kami memang layak memenangkan pertandingan ini,” katanya melanjutkan.

Coubaly mengatakan bila Mali punya peluang yang sama dengan Les Bleuets untuk memenangkan pertandingan. Ini yang menjadikan Mali tetap optimistis timnya bisa meraih kemenangan.

“Saya sudah melihat banyak pertandingan Perancis. Menurut saya kekuatan kami berimbang dan kami punya peluang sama. Tentu saya optimistis bisa memenangkan pertandingan ini,” ujarnya.

Salah satu catatan yang menjadi perhatian Mali ialah sektor pertahanan The Little Blues yang sempurna di Piala Dunia U-17 2023. Gawang Prancis sama sekali belum pernah kebobolan, mulai dari laga awal fase penyisihan hingga babak perempat final.

“Kami tak terlalu memikirkan catatan pertahanan Prancis. Sebab, kami punya banyak sekali pemain yang bisa mencetak gol. Apalagi, Mamadou Doumbia bisa kembali bermain pada laga semifinal. Saya pikir kami bisa menang 10 gol melawan Prancis,” tuturnya.

Laga semifinal antara Mali melawan Prancis akan digelar di Stadion Manahan, Solo pada Selasa (28/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Jadwal Semifinal Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan, Solo
Selasa, 28 November 2023
Jerman vs Argentina (15:30 WIB)
Prancis vs Mali (19:00 WIB)

_____________________
TIM PUSAT INFORMASI PIALA DUNIA U-17 2023 INDONESIA

Tinggalkan Komentar