Banyak Bonek Berwirausaha, Noval Namakan Usahanya “BakolSoto27”

2
129
Noval Saat Melayani pelanggan. Lajang ini berkata bahwa aktivitas mendukung Persebaya itu tidak boleh mengganggu pekerjaan dan aktivitas utama lainnya. Dengan kata lain "Ojok Sampek Kerjomu ganggu mbonekmu"(Jangan sampai kerajaanmu mengganggu mbonekmu:Red). Pesan ini sekaligus memberi pandangan bahwa menjadi pendukung Persebaya harus tetap memiliki skala prioritas yang dapat berjalan selaras. [Foto greenforce.co.id/tonirupilu]

Surabaya, greenforce.co.id – Menjadi pelaku wirausaha belakangan ini banyak menjadi pilihan muda-mudi. Salah satunya Noval, seorang suporter Persebaya.

Sebelum memutuskan untuk mengerjakan usaha keluarga, Noval pernah bekerja di mitra PDAM dan konstruksi pemasangan kaca hotel dan apartemen. [Foto Koleksi Pribadi Noval]
Noval, menjalankan usaha soto daging milik keluarganya yang di namakan Bakolsoto27 , berada di Jalan Ngaglik, Surabaya, lajang ini ternyata seorang Bonek yang sangat aktif.

Di depan usaha di kawasan tersebut, soto Noval buka pukul 21.00 WIB hingga 03.30 WIB subuh setiap harinya.

Greenforce.co.id saat bersama pemuda kelahiran 2002 ini terlihat sangat sibuk melayani pelanggan yang silih berganti. Menurut pengakuan Noval, soto miliknya semalam bisa menembus ratusan mangkuk.

“Maaf ya, kepotong-potong ngobrolnya, ya beginilah keseharian saya” kata Noval dengan sangat enerjik.

Noval mengenal Persebaya sejak berusia 10 tahun, dirinya sudah hadir di stadion Persebaya di Gelora 10 November, secara jarak dari rumahnya di Ngaglik DKA, hal ini tak menyulitkan dia menuju stadion saat masa kanak-kanak itu.

Noval ABG (Baju Hijau). Sejak beranjak dewasa Arek Ngaglik ini aktif mendukung Persebaya di laga kandang dan tandang. [Foto Koleksi Pribadi Noval]
Tumbuh menjadi remaja, Noval aktif ke stadion sejak Persebaya kembali diakui PSSI medio 2017 lalu. Mengarungi liga 2, pemuda bernama lengkap Noval Fajar Ramadhani aktif mendukung langsung Persebaya di laga kandang dan tandang.

Kesibukan bekerja menjaga soto, dia menceritakan bagaimana membagi waktu untuk nribun dan bekerja. Dirinya mengatakan bahwa ini hanya soal pembagian waktu saja, “kan buka malam, kalau acara malam ya saya ijin setelahnya saya kembali lagi” katanya.

“Kalau nribun atau tandang saya cuti, sistemnya kayak kerja ikut orang gitu, nanti yang gantikan saya ibu disini” sambung Noval.

Noval juga tercatat sebagai pemain perkusi di sebuah forum bernama “Sambung Seduluran”. Dirinya juga kerap mengisi di beberapa acara nobar dan menjadi undangan di ulang tahun komunitas Bonek di Surabaya hingga luar kota. “Saya Bonek mandiri, ikut forum untuk nambah seduluran” sambungnya.

Sebagai Bonek, Noval juga mengikuti perjalanan Persebaya dari level junior hingga senior. Penyuka Bruno Moriera ini memiliki harapan Persebaya menambah pemain alumni internalnya.

Noval menceritakan penamaan bakolsoto27 lahir dari aktifnya dia di forum Bonek. Saat itu ada seorang Bonek yang menjelajahi “Bakol soto!”, dari situ dia kemudian mengabadikan nama tersebut sebagai nama lapak soto, dan data pribadi miliknya; bakolsoto27.

Usaha soto keluarganya berdiri di Ngaglik sejak tahun 2010, namun branding bakolsoto27 dibuatnya pada tahun 2017 sejak liga 2 atau sejak Persebaya diakui kembali oleh PSSI.

“Penamaan penjualan bakolsoto27 sangat signifikan, banyak teman-teman Bonek dari segala komunitas bahkan dari luar kota berdatangan” ungkapnya. Keluarga Noval juga tidak mempersoalkan nama lapak usaha mereka diberi nama dengan sesuatu yang menjadi hobi dan kesukaan putra mereka.

Bakolsoto27 praktis tidak pernah tutup, bahkan di bulan Ramadhan hingga lebaran, soto yang terkenal ini tidak libur. “Kita libur kalo ada acara keluarga saja” sambungnya.

Prinsip utama yang dijalankan Noval sebagai Bonek yang menjadi pekerja mandiri adalah semua harus berjalan selaras, “jangan sampai kerjaan mengganggu aktivitas mbonek” katanya. Dengan demikian, kerja tetap di jalan dan mbonek juga tetap di jalan selanjutnya.

Noval menitipkan harapan, kiranya Persebaya di musim mendatang memprioritaskan pemain alumni Persebaya yang bersinar di tempat lain di kembalikan bersama Persebaya. “Sekarang alumni Persebaya itu banyak bersinar dan menjadi grade A di klub lain” sahutnya.

“Musim depan harus lebih baik dari musim sebelumnya. Persebaya harus menatap kembali kejayaan yang pernah direngkuh. Memaksimalkan pemain lokal dan internal, keduanya harus selaras” tutupnya.

(tr)
______________
greenforce.co.id
tonirupilu/jurnalis
yans.loss27/photographer

2 COMMENTS

  1. Pasti suda terlalu banyak lika liku yang di lewati semoga langkah mu kedepannya menjadi harapanmu sehat selalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here