Bonek Wani Berbagi; Dari Bonek Untuk Masyarakat

0
157
Bonek Wani Berbagi (BWB) Bersama Masyarakat Yang Dibantu. (Dok BWB)

SURABAYA, GREENFORCE – Di tengah pemberitaan bonek yang meneju Bandung venue grup C Piala Menpora, sekelompok bonek yang tergabung dalam Bonek Wani Berbagi (BWB) membuat keseimbangan informasi di masyarakat.

Bonek Wani Berbagi ini berisikan komunitas-komunitas bonek yang memiliki kepedulian pada persoalan sosial di masyarakat. Di temui dalam aksi mereka di pemukiman makam rangkah, komunitas yang beranggotakan sekitar 15 komunitas ini telah melakukan bakti sosial bagi kaum dhuafa di wilayah RW 4 Rangkah Surabaya.

Bonek Wani Berbagi (BWB) Bersama Masyarakat Yang Dibantu. (Dok BWB)

Dalam kegiatan ini mereka membagi-bagi paket sembako, uang, dan perlengkapan tidur bagi masyarakat miskin disana. Bonek wani berbagi melakukan kegiatan sosial ini berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Pada awalnya kami membuat nasi jumat berkah, namun saat itu kami menyerahkan nasi berkah tersebut di malam hari bagi pemulung, homeless, dan lain-lain” ujar cak Aris kepada greenforce.co.id

Senyum Ceria Nenek Bersama Bonek. (Dok BWB)

BWB akhirnya merangkul banyak komunitas yang memiliki kesamaan misi dalam hal sosial. Akhirnya, terkoordinir beberapa komunitas yang kemudian mereka semakin eksis dalam misi pada segala kegiatan sosial.

BWB telah menjalankan misi kemanusiaan mulai dari bedah rumah, santunan dhuafa, dan masyarakat tidak mampu lainnya.

“Kami tidak hanya di Surabaya dan sekitarnya, kami juga mengemban amanah donatur hingga Semarang, Kediri, dan Pasuruan” masih kata cak Aris.

Senyum Sang Kakek Bersama Bonek. (Dok BWB)

di tempat yang sama, cak Ade bonek asal madura ini mengatakan bahwa saat ini BWB berkolaborasi dengan Yayasan Bonek Sobo Panti dan komunitas yang fokus pada gerakan kemanusiaan.

“Ke depannya kami akan membangun legal entity (Badan Hukum), agar kami dapat mempertanggungjawabkan lembaga (BWB) secara baik, meski saat ini kami pelan-pelan sudah tertata, kami memiliki donatur yang aktif mendukung aksi yang kami buat secara rutin bagi masyarakat” ujar pria berkaca mata ini.

“Setiap kegiatan yang kami rancang, Alhamdullilah selalu ada donatur yang ikhlas memberi untuk kegiatan ini, kami terus melaporkan progress dan transparan dalam laporan kepada para donatur” ucap koordinator BWP itu.

PKK Setempat Turut Membantu BWB Menyerahkan Bantuan. (Dok BWB)

Minggu (21/3/2021) Bonek wani berbagi bersama puluhan bonek dan PKK RW IV wilayah pak RW “Bonek” Cak Takim bersama-sama membagikan paket sembako, uang, dan alas tidur.

BWB memiliki tim survey di setiap rencana kegiatan mereka. Saat ini mereka memiliki dua bendahara yang berada di zona Sidoarjo dan zona Surabaya.

“Bendahara dua zona itu untuk memudahkan koordinasi lalu lintas keuangan dari donatur, semisal kita akan berkegiatan di wilayah luar Surabaya maka donatur zona Sidoarjo yang berperan, sebaliknya jika di Surabaya maka donatur zona Surabaya yang berperan” sambung cak Aris.

“Pada intinya kami ingin menjadi bagian dari masyarakat yang membutuhkan bantuan, dari bonek untuk masyarakat, sehingga stigma negatif masyarakat pada bonek lambat laun akan tergerus” tutupnya.

(tr)

 

 

Rate this post